Selasa, 20 Februari 2018

Cara Simple menangani HP yang mendadak tidak bisa menyala

Sedikit bercerita mengenai masalah yang saya alami dengan hp saya.



Tujuan saya menulis adalah sebagai pengingat saya ketika saya melupakan sesuatu. Lupa adalah hal yang wajar untuk seorang manusia..karena otak manusia tidak bekerja seperti CPU yang datanya bisa di cadangkan.



Hp yang sedang saya gunakan adalah HP merk samsung dengan type J7 Prime berwarna gold.
Saya memakan hp ini sejak Desember 2016 dan mengalami sedikit masalah pada bulan Oktober 2017.


Begini kronologinya... :D


Saat di kantor muncul pemberitahuan untuk perbaruan versi android pada hp saya. karena tersambung jaringan wifi, maka secara otomatis perbaruan tersebut secara langsung berlangsung sendiri sampai selesai. HP yang saya gunakan berjalan dengan normal akan tetapi sedikit lebih lambat (saya fikir karena hp saya perlu penyesuaian).


Seperti biasanya. saya menggunakan hp tersebut untuk menonton Film Drama Korea saat pulang kerumah . karena sudah malam, saya memutuskan untuk tidur. saat ingin tidur seperti biasanya saya mematikan HP saya. demi menjaga agar tidur saya nyenyak tanpa tlp yang masuk.

di pagi harinya ketika saya ingin menyalakan hp, ternyata hp tersbut tidak bisa menyala. saya fikir baterai hp tersebut habis, sehingga saya mencharger hp tersebut. Hp tersebut tidak bisa mengisi daya. padahal charger yang saya gunakan merupakan charger original dari pembelian HP. saya menunggu selama 1 jam karena saya fikir baterai hp saya terlalu habis sehingga membutuhkan waktu untuk mencharger.

Singkat cerita, HP saya tetap tidak bisa menyala, saya mencari solusi pertama dalam berbagai blog, tetapi tidak bisa menemukan solusi yang tepat. sehingga saya fikir terjadi kerusakan parah dengan hp saya.

karena masih ada garansi saya memutuskan untuk ke cervice centernya akan tetapi saya nlp terlebih dahulku dengan menjelaskan masalah yang saya alami dan mereka menyuruh saya datang ke service center terdekat.

sesampainya di sana keluhan saya di proses, akan tetapi cukup mengejutkan saya hanya disuruh menunggu ponsel saya selesai. ternyata ponsel saya selesai di tangani hanya dalam waktu setengah jam (Angka yang cukup menakjubkan dengan kerusakan yang saya anggap cukup serius).



Kemudian saya bertanya kepada CS nya penyebab masalah pada HP saya.
ternyata hp saya hanya mengalami ngeheng dalam kondisi mati. 
lalu saya bertanya lagi mengenai solusi atas masalah tersbut (karena saya khawatir hal tersebut akan muncul lagi ).



 Dan ternyata penanganannya sangatlah mudah.



  1. Charger hp selama 15 menitan.
  2. Dalam kondisi hp di charger tekan tombol power dan Volume Down secara bersamaan dalam beberapa detik. sampai HP bekerja sendiri.
  3. Diamkan..
  4. Hp anda akan kembali menyala.

Inti dari cerita ini adalah : 


  1. HP tersebut mati karena terlalu banyak applikasi berjalannya.  Jika memang sudah tidak dibutuhkan, tutup applikasi secara benar. akan tetapi jika kondisi seperti saya karena saya mematikan hp. itu karena perbaruan hp yang cukup berat dan hp memerlukan waktu untuk menyesuaikan sesuai dengan banyaknya jumlah data yang ada di hp kita.
  2. Cara penanganan HP nya terbilang sangatlah mudah, akan tetapi orang lebih sering salah dalam melakukannya. yaitu kondisi hp tidak dalam kondisi di charger atau memencet tombolnya tidak dalam waktu yang bersamaan. masalah lainnya adalah kurang sabarnya saat menekan tombol tersebut. sehingga ponsel belum sempat menyelesaikan pekerjaannya.
  3. Rasa sedikit kecewa dengan Samsung Center. jika memang semudah itu untuk penanganannya mengapa tidak memberi saran saat saya menelpon dan tidak memberi saran saat datang kesana. sehingga saya harus menggunakan kartu garansi saya hanya untuk masalah kecil yang saya hadapi.
Sekian cerita dari saya.
semoga dapat membantu teman teman yang memiliki masalah serupa dengan saya.
sehingga tidak tertipu karena tidak mengerti dengan kerusakan yang terjadi.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar